Tahapan-Tahapan Normalisasi

Posting ini ditujukan buat teman2 yang lagi sibuk nich untuk Tugas Akhir di kuliahnya mudah-mudahan dapat membantu dalam penyelesaian masalah terutama bagaimana me-normalisasi-kan sebuah tabel.

Misalkan saya memiliki tabel seperti dibawah ini
Gambar 1: Tabel Sales (Sebelum Normalisasi)
Bentuk Normal Pertama (First Normal Form/1NF)
Langkah pertama dalam membentuk dasar struktur data ke dalam bentuk normal pertama dengan menghapus set elemen data yang berulang. Data dalam bentuk normal pertama digambarkan sebagai satu atau lebih flat file dua dimensi yang menyerupai spreadsheet sederhana. Setiap kolom memiliki satu atribut dan setiap baris memegang kejadian tunggal dari entitas.

For Example: Asumsikan Gambar 1 (entity Sales) di atas adalah daftar dari elemen-elemen data yang berkaitan dengan entity Sales. (Attribute Invoice Number adalah key-nya). Seorang customer dapat membeli lebih dari satu item dalam sekali transaksi, Sehingga set elemen data yang menggambarkan item yang dijual bisa diulang beberapa kali. Untuk mengubah data Sales ke dalam bentuk normal kesatu, mengulang substruktur yang harus dipindahkan ke dalam entitas baru.

Gambar 2: Bentuk Normalisasi Pertama (1NF)
 * Tanda asterisk adalah sebuah Key Field
Note:
Key pada entitas baru yaitu Item Sold terdiri dari dua atribute: Invoice Number dan Item Sold (dengan kata lain, ada penggabungan key). Setengah dari key berhubungan dengan Item Sold ke Invoice dan Setengah lagi dari Item ke Invoice. Jadi, Penggabungan key secara unik mengidentifikasi Item tertentu dengan Invoice tertentu.

0 comments:

Post a Comment

Alexa Rank's

Follow

Powered by Blogger.
Post Comment