Next Step: Third Normal Form/Bentuk Normalisasi Ketiga

Abis satu, dualah pastinya nah kalo abis dua!!! ya, Tiga lah. So, sekarang kita bahas tentang bentuk normalisasi ketiga, semoga bentuk normal pertama dan kedua udah pada paham. Amin, yaa Rabb!

Bentuk Normalisasi Ketiga/Third Normal Form(3NF)
Untuk mencapai bentuk normal ketiga (3NF), seluruh ketergantungan transitive harus dihilangkan dari bentuk normal kedua (2NF). Jadi, bentuk normal ketiga dapat dicapai jika struktur sudah dalam bentuk normal kedua. Ketergantungan Transitive terjadi bila attribute non-key bergantung/ditentukan oleh key dan oleh attribute lain yang bukan key. Contoh: perhatikan Gambar 1 di bawah, lihat pada entity pertama Sales, Customer Name dan Customer Address keduanya bergantung pada Invoice Number (Key), tapi kedua attribute tersebut juga bergantung pada Customer Code yang ternyata juga bergantung pada Invoice Number.

Gambar 1: Data Sales dalam Bentuk Normal Kedua (2NF)

Proses untuk mencapai bentuk normal ketiga dapat sederhana. Review kembali struktur elemen-elemen data non-key, identifikasi setiap attribute yang bergantung selain pada key-nya dan pindahkan ke sebuah entitas baru. (Lihat: Gambar 2~menunjukan semua data dalam bentuk normal ketiga).

Gambar 2: Bentuk Normal Ketiga (3NF)
Kenyataanya, bahwa Customer Code tampil pada entity Sales (sebagai Foreign Key) dan pada entity Customer yang berhubungan dengan transaksi penjualan untuk customer tertentu.
Note: bahwa attribute Description dan Unit Price berhubungan dengan data Inventory.

0 comments:

Post a Comment

Alexa Rank's

Follow

Powered by Blogger.
Post Comment