Normalisasi

Proses memecah tabel tunggal menjadi beberapata tabel yang saling berhubungan disebut normalisasi. Atau juga Normalisasi adalah suatu proses untuk mengubah suatu tabel yang memiliki  masalah tertentu  ke dalam dua buah tabel atau lebih, yang tidak lagi memiliki masalah tersebut (Abdul Kadir, 2002: 52). Masalah tersebut biasanya merupakan suatu ketidakkonsistenan (tidak normal) apabila dilakukan penghapusan (delete), pengubahan (update) dan pembacaan (retrieve) pada suatu basis data. 
sumber: http://blog.re.or.id/normalisasi.htm

Ada beberapa level dalam normalisasi, dan tidak ada aturan baku dalam menentukannya. Dalam menentukan setiap levelnya ada aturan yang dikenakan pada tabel-tabel dalam basisdata.

Tahapan-tahapan normalisasi :

Ketergantungan Fungsional
Definisi :
Atribut Y pada relasi R dikatakan tergantung fungsional pada atribut X (R.X-->R.Y), jika dan hanya jika setiap nilai X pada relasi R mempunyai tepat satu nilai Y pada R.
Ketergantungan Fungsional Penuh
Definisi:
Atribut Y pada relasi R dikatakan tergantung fungsional penuh pada atribut X pada relasi R, jika Y tidak tergantung pada subset dari X ( bila X adalah key gabungan)
Ketergantungan Transitif
Definisi :
Atribut Z pada relasi R dikatakan tergantung transitif pada atribut X , jika atribut Y tergantung pada atribut X pada relasi R dan atribut Z tergantung pada atribut Y pada relasi R. (X-->Y, Y-->Z , maka X-->Z)
download link dokumen: Normalisasi

0 comments:

Post a Comment

Alexa Rank's

Follow

Powered by Blogger.
Post Comment