Memulai belajar Bahasa C++ Tutorial

Sebelum kita memulai belajar, mari kita berdo'a terlebih dahulu... "Yaa Rabb, semoga ilmu yang hamba pelajari adalah ilmu yang bermanfaat. Amin". Semua materi yang ada di blog ini dapat dilihat sumber nya langsung di cplusplus.net untuk lebih lanjut lagi anda bisa baca terlebih dahulu intruksi untuk menggunakannya Introducing C++ Language. Let's Rock ...

Struktur Program:
// my first program in C++

#include <iostream.h>
using namespace std;

int main ()
{
  cout << "Hello World!";
  return 0;
}
Dari perintah code di atas maka akan dihasilkan suatu program untuk menampilkan kata "Hello Word!" (tanpa tanda petik). Setiap hasil yang ditampilkan berbentuk text berupa Program Console


Penjelasan:
//my first program in C++ 
Ini adalah baris comment. Dimana anda dapat menuliskan apa saja tanpa ada eksekusi code oleh program.

#include
Baris yang diawal dengan tanda hash (#) adalah petunjuk bagi preprocessor (disebut dengan File Header). Perintah ini digunakan untuk memberitahu kepada preporcessor untuk menyertakan file tertentu (iostream) yang terdapat pada library standar input-output dalam C++, ini disertakan karna kita akan menggunakan fungsinya di dalam program.

using namespace std;
Semua elemen dalam standar C++ Library yang dinyatakan dengan apa yang disebut namespace, namespace dengan nama std. Perintah ini digunakan jika kita menggunakan standard library, dan sering digunakan dalam pembuatan program-program C++ didalamnya.
*note: jika terjadi error pada baris ini, anda dapat menghapusnya/tidak digunakan.

int main()
Baris ini adalah definisi awal dari fungsi main/fungsi utama. Fungsi ini adalah awal dari eksekusi program C++. Kemudian diikuti dengan tanda kurung buka dan tutup (), optional dapat diberikan parameter didalamnya.

Setelah tanda kurung terdapat badan program yang diapit oleh tanda kurung kurawal {} apa yang ada didalamnya adalah fungsi yang akan nantinya akan dijalankan.

cout<<"Hello World!";
Ini adalah baris dari pernyataan C++, peryataan adalah ekspresi yang akan menghasilkan beberapa efek. Perintah cout adalah perintah standard output stream C++, perintah yang digunakan untuk mencetak/menampilkan di layar/screen. Dan untuk menggunakannya kita perlu menyertakan file header (iostream).

Penting untuk diingat setiap akhir dari setiap pernyataan harus ditandai dengan tanda titik koma (;) ini menjadi kesalahan sintaks yang paling umum dalam mengakhiri pernyataan dalam program.

return 0;
Perintah return menandakan akhir dari pernyataan main fungsi. Program dengan nilai nilai return 0 menandakan bahwa program dapat berjalan tanpa ada kesalahan. Dan ini adalah cara yang paling biasa digunakan dalam mengakhiri program console C++.

0 comments:

Post a Comment

Alexa Rank's

Follow

Powered by Blogger.
Post Comment