Materi PPBD-MySQL (Download)


Sekilas Tentang Database
Basis Data atau biasa juga kita menyebutnya dengan database adalah kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut.
Dalam penggunaannya dibutuhkan sebuah perangkat lunak untuk mengelola dan memanggil query yang disebut dengan DBMS (Database Management System) atau Sistem Manajmen Basis Data (SMBD), adapun perangkat lunak yang digunakan untuk merancang basis data diantarnya, adalah:
  1. MySQL
  2. Ms. SQL Server
  3. Oracle
  4. PostgreSQL
  5. Ms. Access
  6. Paradox
  7. Dsb…

Sedangkan RDBMS atau Relationship Database Management System merupakan salah satu jenis DBMS yang mendukung adanya relationship atau hubungan antar tabel. Di samping RDBMS, terdapat jenis DBMS lain, misalnya Hierarchy DBMS, Object Oriented DBMS, dsb…

Beberapa Istilah Database
Table, Sebuah tabel merupakan kumpulan data (nilai) yang diorganisasikan ke dalam baris (record) dan kolom (field). Masing-masing kolom memiliki nama yang spesifik dan unik. Istilah lain disebut entity atau file.
Field, merupakan kolom dari sebuah table. Field memiliki ukuran type data tertentu yang menentukan bagaimana data nantinya tersimpan. Istilah lain attribute
Record, merupakan sebuah kumpulan nilai yang saling terkait atau bisa dikatakan kumpulan dari field-field. Istilah lain tuple.
Key, merupakan suatu field yang dapat dijadikan kunci dalam operasi tabel. Dalam konsep database, key memiliki banyak jenis diantaranya Primary Key, Foreign Key, Composite Key, dll.

Silahkan download materi lanjutan dan Study Case yang ada!!! ^_^
Download link: PPBD-MySQL

0 comments:

Post a Comment

Alexa Rank's

Follow

Powered by Blogger.
Post Comment